Wednesday, November 16, 2011

Persiapan Menjalani UTS yang Kacau

Sudah lebih dari tiga tahun saya belajar di Universitas, masih saja selalu degdegen ketika akan menjalani  ujian. Kebetulan ujian tengah semester ini sudah dimulai seminggu yang lalu tepatnya hari senen 7 november 2011, akan tetapi ada kebijakan baru dari Universitas untuk semua jadwal ujian tengah semester yang tanggal 7 digantikan dengan jadwal baru yaitu tanggal 12 November 2011 itu karena tepat pada tanggal 6 November adalah hari raya Qurban atau di Indonesia dsebut juga hari raya besar, jadi seluruh setaf akademika diliburkan dari hari sabtu sampai  hari senin. Kebetulan jadwal ujianku hari senin dan jadwal ujian selanjutnya hari senis berikutnya, jadi bisa berlibur dari hari  jumat tanggal 4 sampai hari jumat tanggal 11, kesempatan itu tidak kusia-siakan untuk pulang ke rumah sekedar melepas kerinduan sama orang tua.

Tujuan saya pulang ke rumah selain melepas kerinduan sama orang tua juga untuk membantu mereka di rumah. sekalian buat alasan untuk minta uang jajan hehehe.... tidak hanya itu tujuan aku pulang ke  rumah untuk belajar sekaligus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tengah semester tersebut, ya mungkin suasana di rumah akan lebih meningkatkan motivasiku untuk belajar, sama biar diliatin ma orang tua kelihatan belajar  gituu...hehehe, nggak lah memang aku sudah niatin dari kos  pulang kerumah juga untuk belajar mempersiapkan ujiannya.

Setelah tiba di rumah sambutan hangat dari keluargaku terasa indah, nyaman banget di hatiku, ya mungkin sudah lama tak berjumpa pastilah timbul rasa kangen yang mendalam ,dan rasa kangen tersebut hilang ketika kitta bersua. Hari demi hari telah ku lewati  di rumah, timbul keganjalan dalam pikiranku niatku pulang selain ketemu ma orang tuaku di rumah juga untuk belajar tetapi sudah sekian hari aku di rumah tak satupun buku mata kuliah yang aku buka.... wih  gimana nbesok ujiannya dalam benakku. Entah apa yang terjadi pada diriku ini malesnya minta ampun untuk belajar ketika sudah di rumah, bahkan ketika mau belajar ada saja yang menghambatnya mulai dari nonton tv, jalan-jalan,suruh ngerjain ini itu dan yang lainnya.akhirnya kuputuskan untuk berangkat malam hari menjelang ujian pada hari sabtunya. walaupun hujuan turun aku tetap berangkat, yaitu alasannya di rumah nggak bisa belajar.

Sabtu,12 Nov hari pertama masuk ujian sudah dimulai, seperti dugaan hanya beberapa nomer saja yang bisa  kujawab dari sekian banyak soal. la ini  akibat tidak belajar (dalam benakku), ya  kutulis jawaban dengan mengarang bebas sesuai yang ada di otakku, tobat-tobat.

Saran saya untuk teman, saudara sekalian yang membaca artikel ini, ketika belajar paling baik ya dengan lingkungan yang bisa mendukungmu untuk belajar,ketika di sekolah maksimalkan belajarmu di sekolah, jangan tunda-tunda  di rumah, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di rumah setelah kita pulang, mungkin kalian  bisa belajar  di rumah tetapi saya yakin hasilnya akan berbeda.


No comments:

Post a Comment