Wednesday, December 21, 2011

Mengatasi Ekstensi .CHK pada Flashdisk

Begini ceritanya,  Ada saudaraku yang disuruh untuk memfoto pesta perkawinan saudaranya. dia ditugasi untuk memfoto dan menyuting  acara pesta perkawinan saudaranya. Ketika sudah selesai memfoto dan menyuting, kebetulan dia hanya memakai  handycam, kartu memori yang ada di handycam di cabut langsung dipindahkan ke flash disk barunya, apesnya tidak memindahkan file foto dan videonya ke komputer dulu, dia langsung memindahkan file foto tersebut di cut langsung  ke flash disk miliknya. hehehe bagaimana mau mindahin ke komputer dulu wong dia pas mindahin file-filenya juga di warnet jadi dari kartu memori langsung di cut ke flashdisk. setlah selesai  meng cut file tersebut dia kaget file-file yang ada di flashdisk kok nggak ada malahan hilang semua alias tampilan dalam flash disk kosong. kemudian dia cek beberapa kali tancap masuk tetep nggak ada, sampai dia ke warnet lain tetep juga ga muncul tu file, tetapi dalam propertis di flash disk masih ada isinya.

Suatu ketika dia bertanya kepadaku tentang masalah itu ya aku jawab sederhana "paling paling ke hidden" sesuai pengalamanku kebanyakan flasdisk yang kaya gitu pasti file-filenya di hidden sama virus saya jawab pilih tool ==> view dan show hidden file  pasti bisa. Ternyata di coba-coba tetep nggak bisa muncul. Kemudian dia datang ke kosku langsung bawa flashdisknya dan aku praktikkan sesuai pengalamanku tak di show hidden file, show protected system, show extension tetep ga bisa kebukak, kemudian aku coba pakai attrib yang ada di dos tetep nggak bisa keluar. Hampir aku frustasi ku coba pakai windows Xp kemudian ta coba seperti diatas eh muncul folder dengan nama found.000, aku sempet seneng pas dah muncul folder tersebut, tetapi timbul masalah baru lagi yaitu semua file yang ada di dalam folder found.000 tersebut berextensi .CHK, file apa itu dalam benakku.

Kemudian saya punya inisiatif mengubah extensi CHK menjadi .jpg dan .mov karena sepengatahuan saya file poto yang defalut pada handycam adalah jpg dan videonya adalah mov jadi untuk file-file yang berukuran kecil saya beri extensi.jpg dan file yang rada besar aku beri extensi .mov, aku gembira sempat berhasil tetapi masih ada yang tidak bisa dibukak, Aku coba searching di google dan cari tahu apa itu format CHK ternyata file tersebut adalah extensi untuk recoveri pada windows untuk mengembalikannya anda bisa menggunakan aplikasi cukup ringan dan kecil yaitu unCHK cara penggunaannya cukup mudah file tersebut di extak di dalam folder yang filenya berextensi chk  tersebut  tinggal run tunggu proses recovery untuk menggunakannya anda bisa mengunduh di sini

Tapi kalau filenya hanya sedikit dan kita sudah tau extensi file tersebut, kita tinggal merename aja extensinya tetapi jika file nya banyak misalnya 500 atau lebih saya sarankan untuk memakai aplikasi tersebut

No comments:

Post a Comment